gravatar

part 1 [pendahuluan]

dari beberapa bahasa pemrograman yang perna Q pelajari di kampus mulai pascal di awal-awal kuliah, C, C++, Foxpro, Delphi, Java, Visual Basic 6 nggak ada yang bener2 Q kuasai. gimana mo nguasai orang belajarnya nggak perna tekun, setelah belajar ini belajar itu, trus ini trus itu. begitu seterusnya. sehingga nggak ada 1 pun bahasa pemrograman di atas yang bener2 Q kuasai. semuanya hanya kulit aja.

khusus Pascal, C, C++, Foxpro, Delphi. blaz..Q nggak paham. lima pemrograman itu diajarkan antara semester 1-3 yang pada waktu itu Q gila ngegame.so...uda bisa ditebak apa jadinya. selanjutnya semester 4 Q ketemu java dan pada saat inilah Q mulai tertarik bahasa pemrograman. sedikit demi sedikit Q mulai paham kaitan Algoritma dan Pemrograman, Logika Matematika
dengan bahasa pemrograman. (loooh kemana aja sebelumnya net?masak baru paham disemester 4, gimana ciiih..). seperti yang Q bilang tadi pada periode itu Q sibuk ngegame.jadi telat dweh. sedikit demi sedikit benih cinta dalam hati ke java mulai tumbuh. semangat kuliah naik 180 drajat (tapi java tok, matakuliah yang lain tetep nakal.hehe). Q nggak mau tertinggal soal ini. kuliahQ rajin. tiap hari kerjaanQ nge-java mulu. tapi ini hanya bertahan 1 semester. karena diperiode berikutnya yakni semester 5 Q ketemu Visual Basic 6.di sini cintaQ ke java mulai menurun. karena setelah membaca souce code visual basic.beeeeegh...mudah banget ini code Q pahami. srius..code visual basic jauh lebih mudah buat dibaca ketimbang java.(mnurutQ).
di semester selanjutnya Q tidak melanjutkan belajar pemrograman, karena Q ketemu linux. satu semester Q habiskan waktuQ dengan ngoprack linux. linux..linux...linux...linux...akhirnya matakuliah lain amburadul.

sampai akhirnya Q memasuki semester X (loooch...S1 kuk smt X ciiih).itu dia masalahnya...tapi yang jelas ada cerita dibalik itu. dan sekarang Q belum wisuda.(semoga ini adalah semester terakhir sebelum bundaQ bener2 bangkrut karena memilih investasi kulia anaknya yang masuk angin ini). ada 1 pemrograman lagi yang belum Q pelajari yaitu pemrograman website. di kampus diajarkan PHP, bukan ASP ato JSP. tapi PHP. inilah bahasa pemrograman terakhir yang belum Q pelajari. Q bener2 nggak tahu apa itu PHP.
waktuQ hampir habis karena Q mulai menggarap tugas akhir. jadi sebelunya Q putuskan bahwa tugas akhirQ yang berkaitan dengan website. karena nantinya mau nggak mau Q harus belajar pemrograman website.

pucuk dicinta php-pun tiba.


echo "hai...cinta dengarkanlah...
Q ingin bicara...
tentang Q dan Kmu. tentang cintaQ padamu.
Q memang laki2 yang perna mencintai.
seribu pemrograman dan misterinya.
tapi sekarang begitu berbeda.
dengamu Q merasakan cinta yang lain.
bersamamu Q rasakan cinta.
bersamamu Q merasa rindu.
bersamamu Q bisa jatuh hati.
bersamamu Q rasakan sesuatu yang tak perna kurasakan sebelumnya.
ini hanya teringat perasaanQ.
tentang perasaanQ kepada dirimu.
yang semakin hari semakin menjadi-jadi.
hatiQ sudah memilih Kmu menjadi separuh nafasQ dan separuh jiwaQ.
Kmu menjadi bagian hidupQ";
?>

seperti lagunya om dhani. begitulah perasaanQ pada php.
bahasa yang satu ini terasa berbeda dengan bahasa pemrograman yang sebelunya perna Q pelajari. dari pemroresanya, kaitan dengan hal2 lain yang membangun sebuah website. jadi dengan belajar php Q jadi perlu belajar javascript, CSS, HTML, Editing Image, dan part2 lain yang menjadi bagian dari pembangunan sebuah website. dan Q memutuskan untuk mengikat semua yang Q pelajari tentang php, dkk di blog ini. step by step.